Addie MS dan Flight of The Bumble Bee


Saya dan teman-teman kantor baru saja pulang dari acara syawalan yang digelar oleh perusahaan sekuritas, salah satu anak perusahaan bank BUMN. Addie MS dengan sebagian personil Twilite Orchestra tampil sebagai pengisi acara utama.

Di antara beberapa nomor yang dimainkan tadi, saya cukup terkesan dengan sebuah lagu berjudul, “Flight Of The Bumble Bee”. Nomor ini dimainkan oleh Twilite Orchestra dengan memperkenalkan seorang pemain piano muda –yang kebetulan saya lupa namanya.

“Flight Of The Bumble Bee” sesungguhnya adalah karya seorang komposer Rusia Nikolai Rimsky Korsakov yang diciptakan pada kisaran 1899–1900. Nomor ini merupakan interlude dari pertunjukkan operanya, “The Tale of Tsar Saltan”.

Nomor ini sungguh menarik karena ketika terdengar di telinga, memori saya terbawa ke film “Bee Movie”, komedi animasi karya Jerry Seinfeld yang saya tonton setahun lalu. Mendengar nomor ini saya terbayang lebah-lebah beterbangan dengan riang di pagi hari yang cerah dan hangat. Lebah-lebah yang terbang berkelompok di taman, berkeliling, berputar, riuh, menari, berpesta madu.

Entah apa karena saya nggak punya rekaman yang lain [tentang lebah] di otak selain dari film “Bee Movie”, tapi itulah gambaran yang terputar ulang ketika mendengar “Flight Of The Bumble Bee” di hotel Mulia tadi.

Saya heran, bagaimana proses kreatif Nikolai Rimsky Korsakov saat mencipta nomor itu..? Apakah dia menciptanya setelah pulang dari taman melihat lebah-lebah beterbangan dengan riang, atau dia duduk memegang alat musiknya kemudian memulai imajinya akan lebah? Entah, saya sendiri belum pernah mencipta lagu. Pastinya, saya salut sekali dengan proses imaji di kepalanya yang kemudian dituangkan jadi melodi. Melodinya ‘berbicara’..!

Kok bisa dia secerdas itu, kok bisa dia sekreatif itu..? Musik klasik barangkali memang mencerdaskan.. Mungkin Tuhan yang Maha Seni ingin makhluk ciptaannya yang bernama manusia ini lebih cerdas dari makhluk lain dengan memberikan kemampuan berupa energi kreatif kepada master-master musik klasik, sehingga kita pendengarnya insya Allah ikutan jadi makin cerdas. Haha.. Entah..

selamatmalamselamattidurberselimutmimpi

*anda dapat mengunduh Flight of The Bumble Bee di:

http://bit.ly/9qLBnp

http://bit.ly/aLg4Lu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s