Film Satu Aktor, Satu Latar


Tadi sore saya nonton film Buried. Film yang dimainkan oleh Ryan Reynolds ini berdurasi kurang lebih 1,5 jam. Poster filmnya menarik perhatian meski cuma saya lihat dari ponsel. Gambar seseorang di dalam peti. Deskripsi Buried di website 21cineplex.com membuat saya ingin segera ke bioskop.

Terkubur hanya dengan satu ponsel dan korek api, komunikasi dengan dunia luar yang terbatas. Sinyal buruk, baterai menipis, dan pasokan oksigen berkurang menjadi musuh terburuk dalam terbatasnya waktu – panik, putus asa dan frustrasi, Paul hanya memiliki waktu 90 menit untuk menyelamatkan diri sebelum mimpi buruknya menjadi kenyataan.

Properti di film Buried sangat minim. Kurang lebih yang saya ingat adalah korek Zippo, pulpen, ponsel, tempat minum [alkohol] kecil, dan tentu saja peti.

Ketegangan tercipta sepanjang 1,5 jam selama film berlangsung. 90 menit di film hampir sama dengan waktu di jam tangan saya. Jadi perbandingan 1 menit film hampir sama dengan 1 menit di dunia nyata.

Hal yang paling menarik dari film ini karena Buried hanya menampilkan satu aktor Ryan Reynolds yang berperan sebagai Paul Conroy dan satu latar, yaitu peti. Kecuali seekor ular dapat dikategorikan sebagai aktor, maka gugurlah kalimat “film dengan satu aktor”.

Ide cerita Buried sangat menarik. Bagi beberapa penonton di bioskop tadi, mungkin mereka menganggap film ini aneh. Tapi bagi saya film ini cerdas. Ya, cerdas.. Untuk alasan satu aktor, satu latar. Tidak ada pemain lain yang muncul kecuali suara. Tidak ada latar yang lain kecuali peti. Untuk alasan lain misalnya film dengan budget paling kecil, mungkin itu soal lain. Haha.

Tapi sebuah film menjadi bagus atau tidak, bukan ditentukan dan dinilai dari biaya yang dikeluarkan, berapa juta yang menyatakan suka, berapa juta tiket yang terjual. Bagus atau tidak, bisa jadi hanya karena momentumnya pas dengan suasana hati saat kita nonton.

Saya tidak rekomendasikan film ini pada anda. Karena bagus menurut saya, bisa jadi buruk menurut anda. Hehe..

Sunday, 02 January 2011 at 22:12

Advertisements

One response

  1. ahhhh… ga mau nonton yg beginian fan,,, bikin susah bernafas… tegang

    Like

    Wednesday, March 30 , 2011 at 8:18 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s